Museum Mainan MINT Singapura

Museum Mainan MINT (Moment of Imagination and Nostalgia with Toys) merupakan museum mainan pertama di dunia yang sengaja dibangun dan mulai dibuka untuk umum pada bulan Mei 2006. Namun, museum ini diresmikan pertama kali oleh Menteri Luar Negeri, George Yeo, pada tanggl 5 Maret 2007.

Museum pribadi milik Penduduk Singapura bernama Chang Yang Fa ini memamerkan beragam koleksi mainan kuno, termasuk mainan yang langka dan unik yang sudah jarang ditemukan lagi.

Museum ini menjadi museum dengan koleksi mainan terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 50.000 jenis mainan kuno dan memorabilia masa kanak-kanak yang berasal dari lebih dari 40 negara, termasuk Singapura, Jerman, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, hingga Bulgaria.

Koleksi mainan yang dipamerkan berasal dari pertengahan abad 19 hingga pertengahan abad 20.

Museum Mainan MINT Singapura

Museum MINT Singapura

Salah satu tujuan didirikannya museum MINT ini adalah untuk menghadirkan sisi kanak-kanak yang dimiliki setiap orang, mengembalikan hubungan emosional pengunjung dengan masa kecilnya yang mungkin sudah lama terlupakan. Selain itu, melakukan kunjungan ke museum ini juga merupakan suatu perjalanan penemuan.

Baca Juga:   Wisata dan Liburan Ke Kathmandu Nepal

Mainan kuno yang dipajang di museum ini bukan hanya sekedar mainan, mereka mencerminkan tren budaya yang menarik dan peristiwa yang terjadi selama berabad-abad lalu di seluruh dunia secara akurat sesuai sejarah. Setiap mainan memiliki kisah yang berbeda mewakili era saat mainan tersebut dibuat.

Pendirian Museum

Koleksi-koleksinya, yang menjadi salah satu yang terbaik di dunia, dipamerkan dalam bangunan kontemporer lima lantai yang didedikasikan untuk memajang mainan dan memorabilia masa kanak-kanak. Bangunannya dirancang oleh SCDA Architects, perusahaan arsitektur Singapura. SCDA ini memiliki prestasi yang membanggakan dengan memenangkan beberapa penghargaan internasional bergengsi, salah satunya adalah Royal Institute of British Architects Worldwide Awards.

Rancangan SCDA Architect untuk Museum Mainan Mint ini juga meraih 3 penghargaan arsitektur internasional yang memperpanjang daftar penghargaan yang telah diraihnya. 3 penghargaan tersebut adalah Juara Pertama untuk Kategori Pariwisata, Perjalanan, dan Transportasi (Cityscape Dubai Architectural Awards tahun 2008), dan Juara Kedua untuk Kategori Bangunan Komersial (2006 Cityscape Dubai Architectural Review Awards 2008), serta Rancangan Global Baru Terbaik (Chicago Athenaeum International Architectural Awards tahun 2007).

Baca Juga:   Wisata ION Sky Singapura

Bagian luar bangunan dirancang khusus sehingga menghalangi cahaya dari luar yang masuk ke dalam gedung, guna meminimalkan atau mencegah efek yang berbahaya dari sinar Ultra Violet.

Dinding luar dibuat dari dua puluh enam panel kaca yang masing-masing diterangi oleh cahaya yang berasal dari kabel serat optik yang membentang di sepanjang tepi bagian dalam bangunan. Fitur ini diyakini sebagai yang pertama di dunia.

Desain Bangunan juga sedikit-banyak dipengaruhi oleh prinsip-prinsip geomansi, misalnya, jumlah panel yang digunakan tidak hanya sesuai dengan alamat museum, tetapi juga sesuai dengan nomor keberuntungan, posisi kasir, tata letak area dapur, persebaran dalam penempatan mainan, dll.

Sistem pencahayaan untuk rak akrilik dirancang dengan sangat unik karena cahaya dapat melewati seluruh rak, tetapi tidak menimbulkan bayangan dari mainan pada pajang.

Fitur unik dan baru lainnya yang dapat ditemukan dalam bangunan ini adalah panel lentikular, yang melapisi satu sisi dinding di lorong yang mengantar kita memasuki museum dari pintu masuk. Panel lentikular ini dipasangi poster koleksi komik secara kronologis dari masa Silver Age hingga Platinum Age dan juga keterangan tentang apa yang ditampilkan di Museum.

Baca Juga:   Berlibur ke Pantai Timang Di Gunung Kidul

Lantai kaca di Lantai Tiga memberikan pengunjung pengalaman lain yang menarik. Di Lantai Lima, Anda akan menjumpai jendela dengan kaca tembus pandang dan dapat melihat lorong dari Pintu Masuk hingga Bangunan museum, yang merupakan fitur menarik lainnya yang disajikan pada bangunan tersebut.

Dengan desain terdepan dan berbagai fitur unik dan menarik, bangunan museum ini melengkapi dan menyempurnakan karakter unik dari seluruh koleksi. Pengunjung disajikan ‘pengalaman dalam pengalaman’ yang dikemas sedemikian rupa menjadi ‘Perjalanan Menemukan Kembali’.

Informasi Penting

Jam operasional
Setiap hari mulai pukul 9.30 – 18.30

Situs web http://www.emint.com/

Harga tiket masuk
Dewasa $15
Anak-anak (2-12 tahun) $7,50
Lansia (60 tahun ke atas) $7,50
Gratis untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun

Paket Keluarga
4 orang; 2 dewasa & 2 anak-anak $36
4 orang; 3 dewasa & 1 anak-anak $42
Tarif kelompok dan musiman juga tersedia