Tempat Wisata Kediri ini Paling Memukau

 

Salah satu kota yang menarik yang ada di Jawa Timur adalah Kota Kediri. Nah seperti apa wisata yang ada diprovinsi Jawa Timur?

Berikut akan kami ulas untuk anda.

Gunung Kelud

Gunung Kelud

Untuk anda pecinta alam, anda dapat mencoba mengunjungi salah satu gunung yang ada di daerah Kediri. Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif bahkan gunung ini belum lama meletus tepatnya tahun 2014 lalu.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan para pecinta alam untuk menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Kelud.

Daya tarik yang membuat para wisatawan mengunjungi gunung ini adalah adanya kubah lava. Kubah lava ini sangat menarik meskipun berbahaya.

Namun jika anda mengikuti aturan dan perintah yang ada, anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat menarik yang belum pernah anda temui ditempat lain.

Air Terjun Dolo Kediri

Melepas penat ditempat yang tenang dan masih sejuk tentu akan menjadikan siapa saja merasa tenang dan nyaman. Terlebih jika aktivitas kita sehari-hari terdapat di tempat-tempat yang selalu penuh dengan kebisingan. Tempat dengan nuansa alam akan menjadi pengobat kelelahan kita.

Salah satu tempat yang dapat anda kunjungi adalah air terjun dolo Kediri. Air terjun ini melewati perkebunan dan sayuran yang ada disekitar air terjun. Untuk dapat mencapai tempat ini, anda perlu berjuang untuk menuruni dan melewati bukit.

Lokasi air terjun ini berada di desa Jugo, sejauh 25 km dari Kota Kediri. Anda dapat menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki untuk dapat mencapai air terjun tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena di sepanjang jalan anda dapat memetik buah strawberi.

Air Terjun Irenggolo

Masih berkatian dengan air terjun, kali ini anda yang memiliki hobi berwisata alam, dapat mencoba mengunjungi tempat wisata yang satu ini yakni air terjun Irenggolo. Air terjun ini memiliki kecantikan alam yang tidak dapat diragukan lagi. Bahkan saat anda sudah mencapai tempat tersebut, anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa dari Besuki-Irenggolo.

Baca Juga:   Wisata Teluk Kiluan Di Lampung

Lokasi air terjun tersebut sangatlah dekat hanya berjarak 20 km dari Kota Kediri atau berkisar antara 30 menitan saja. Disana, anda diperbolehkan untuk bermain, hikking, jogging, camping dan aktivitas lainnya yang wajar.

Kampung Inggris

Pernah mendengar kampung Inggris? ya, di Pare Kediri terdapat kampung dimana penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi.

Kampung ini sangat unik karena tidak hanya muda saja akan tetapi para orangtua juga fasih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka. Bahkan anak kecil juga sudah mahir berbahasa Inggris disana.

Untuk anda yang ingin mengasah kemampuan berbahasa Inggris, dapat mengunjungi kampung ini. Bahkan tak jarang banyak siswa dan mahasiswa yang menghabiskan masa liburan mereka untuk menimba ilmu di kampung yang unik ini. Tertarik mencoba ?

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Pernahkah anda mencoba mengunjungi monumen simpang lima di Kediri? Jika belum tidak ada salahnya jika anda mencoba mengunjungi tempat tersebut.

Bangunan ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008. Monumen ini sangat terkenal, salah satunya karena monumen ini didirikan di persimpangan 5 jalan antara jalan Gampengrejo, Parem Pagu, pesantren, dan Plosoklaten.

Bangunan ini sangat dikenal karena mirip dengan bangunan yang ada di kota Paris yakni bangunan arc de triomphe. Untuk anda yang hobi hunting foto, tidak ada salahnya hunting di salah satu tempat wisata ini karena dijamin anda tidak akan kecewa.

Objek Wisata Alam Sumber Ubalan

Masih penasaran dengan wisata alam di Kediri? Nah salah satu wisata Kediri lainnya adalah Sumber Ubalan. Wisata yang satu ini terletak di kawasan hutan lindung.

Namun anda tidak perlu khawatir meskipun merupakan kawasan yang dilindungi, namun pengunjung boleh masuk dan menikmati keindahan suasana yang ada di hutan ini.

Selain pemandangan yang serba hijau dan menyegarkan, anda juga akan diberikan beberapa fasilitas seperti panggung hiburan, kolam renang dan juga taman bermain.

Baca Juga:   Wisata Ke Bhaktapur Kathmandu Nepal

Di lokasi ini, anda juga akan disajikan pemandangan yang begitu mempesona. Tempat ini memiliki sumber air yang tenang dan ikan-ikan kecil di dalamnya menggoda siapa saja untuk turun dan mengambilnya.

Namun, anda harus menahan diri anda karena ditempat ini tidak diperbolehkan untuk berenang ataupun mengambil ikan yang ada di kolam tersebut. Meskipun begitu, masih terdapat wisata lainnya yang akan menggoda anda dan pastinya sangat disayangkan jika terlewatkan.

Lokasi dari sumber air ini sendiri terdapat di desa kalasan. Yang berjarak 15 km dari Kota Kediri.

Gumul Paradise Island

Berlibur ke Kediri? Jangan lewatkan salah satu objek wisata yang bernama Gumul Paradise Island. Wisata yang satu ini sangat cocok anda datangi dengan keluarga anda.

Selain lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota, di lokasi ini anda akan menemukan berbagai wahana. Wahana ini dapat anda ikuti baik untuk anda maupun untuk buah hati anda.

Di sana anda dapat menikmati flying fox, speed slider, berenang, dan lain sebagainya yang akan membuat anda semakin bersemangat dan menjadi semakin terhibur.

Tiket masuk untuk menikmati wahana ini juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar 15.000 hingga 20.000 rupiah saja. Cukup menarik bukan ?

Goa Selomangleng

Untuk anda yang ingin berwisata religi, anda juga dapat mengunjungi tempat wisata di Goa Selomangleng ini. Goa ini masih dipercaya sebagai goa suci.

Masyarakat sekitar percaya jika goa ini merupakan goa yang menjadi tempat mengasingkan diri Dewi Kalisuci. Mengasingkan diri di sini berarti bertapa. Jadi gua ini dulu sebagai tempat bertapa Dewi Kalisuci yang tidak lain adalah putri Raja Erlangga.

Di goa ini juga terdapat ukiran yang unik dan cantik. Meskipun memiliki ukiran yang cantik namun gua ya tetap gua. Kondisi gua ini seperti halnya dengan gua-gua lainnya yang gelap dan dingin karena minimnya cahaya matahari yang masuk.

Baca Juga:   Wisata ION Sky Singapura

Anda juga tidak perlu kaget saat masuk ke gua ini jika mencium aroma dupa yang sangat menyengat. Namun hal tersebut tentu justru membuat sebagian orang semakin penasaran.

Untuk anda yang ingin melihat gua ini dapat berkunjung ke Desa Waung yang jaraknya sekitar 7 km dari Kota Kediri. Selamat mencoba.

Candi Surawana

Setelah mengunjungi gua, tidak perlu tergesa-gesa untuk pulang karena masih ada lokasi wisata yang menarik di daerah Kediri.

Lokasi wisata berikutnya adalah Candi Surawarna. Candi ini merupakan salah satu candi Hindu yang terdapat di Kota Kediri. Bukan hanya sekedar bangunan biasa, candi ini memiliki sejarah yang begitu panjang.

Candi ini dibangun pada abad ke 14 yang tujuan pembangunannya bertujuan untuk memuliakan raja pada kala itu yakni Raja Bhre Wengker. Raja Bhre Wengker sendiri meninggal pada tahun 1388 masehi.

Tertarik mendatangi candi bersejarah yang satu ini? Anda dapat mendatangi lokasi di Desa Canggu yang letaknya tidak jauh dari Kampung Inggris di Pare.

Petilasan Sri Aji Jayabaya

Pernah mendengar cerita Jayabaya? Di Indonesia, khususnya daerah jawa tentu mengenal dengan cerita ini.

Nah, untuk anda yang ingin napak tilas anda dapat berkunjung ke Kediri. Dalam kisah Jayabaya dituliskan bahwa Jayabaya adalah titisan dari Dewa Wisnu yang merupakan penguasa Negara Widarba.

Ayah dari Jayabaya sendiri merupakan anak dari Yudayana yang bernama Gendrayana. Masih bingung? Nah anda dapat membaca asal usulnya dari buku Jayabaya. Jika sudah tahu, anda dapat mengunjungi makam Jayabaya tersebut.

Kesimpulan

Beberapa wisata tersebut memang sangat menarik untuk dikunjungi terlebih lokasi wisata yang ada sangat unik dan wajib untuk dicoba sehingga untuk anda yang ingin mencoba berwisata ditempat tersebut, anda dapat mengunjungi Kota Kediri dan menikmati keindahan alam disana. Agar semakin seru, tidak ada salahnya jika anda mengajak teman-teman anda untuk berkunjung ke kota ini. Selamat berkunjung.