Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Makan Enak di Belitung

Setiap bulan, terdapat ribuan wisatawan lokal maupun internasional berkunjung ke Belitung yang tersohor dengan keindahan wisata alamnya dan berbagai pantai yang memikat hati. Selain terkenal dengan wisata alam tersebut, film yang terkenal bahkan di mancanegara, Laskar Pelangi, semakin memperkenalkan keindahan dan pesona wisata Belitung ke seluruh dunia.

Sekarang Pulau Belitung ini menjadi terkenal sebagai Negeri Laskar Pelangi oleh banyak orang. Sebagai pulau yang tidak terlalu besar, tempat wisata yang banyak dikunjungi di Belitung adalah pantainya yang berpasir putih dan lautnya yang tenang, sehingga menjadi objek wisata yang semakin berkembang diantara ribuan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia.

Tetapi jangan lupa juga untuk mencicipi nikmatnya berbagai makanan khas Belitung.

Untuk kamu yang sedang berwisata ke Pulau eksotis yang satu ini, kamu akan menemukan berbagai jenis makanan yang berbahan dasar ikan, udang, cumi-cumi dan banyak jenis seafood lainnya. Berikut ini makanan khas Belitung dan tempat makan yang harus kamu coba di Belitung:

Mie Atep

1. Mie Atep

Jika anda sedang di Belitung, belum lengkap perjalanan anda tanpa merasakan kelezatan Mie Belitung Atep. Rumah Makan Mie Atep ini berlokasi di Jalan Sriwijaya yang berada di pusat kota Belitung. Anda tidak perlu takut tersasar karena letaknya yang di tengah kota dan ketenarannya tidak diragukan lagi.

Mie Belitung yang satu ini sudah berdiri dari tahun 1973 dan memiliki rasa yang sangat enak. Kamu bisa membayangkan rasa udang yang kental pada kuahnya, dengan rasa mie buatan rumahan serta kentang dan timur dengan emping sebagai pelengkapnya akan membuat kamu merasakan sensasi laut di lidah kamu! Sangat segar dan khas wilayah pantai.

Sebagai teman makan Mie Belitung, kamu juga bisa memesan jeruk kunci yang segar dan dingin. Jeruk kunci sendiri mirip dengan jeruk nipis, namun tidak terlalu masam kemudian jeruk kunci ini diminum selagi dingin, pas banget dengan panasnya matahari di siang hari. Mie Atep juga terkenal di kalangan artis bahkan presiden pun pernah berkunjung ke Mie Atep ini!

Baca Juga:   5 Pantai Pilihan Di Mandalika Pulau Lombok

Rasa : 8/10

Kisaran Harga untuk 1 orang : Rp 15.000 – Rp 25.000

2. Lakso

Lakso/Laksa merupakan makanan khas Belitung yang berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung yang dibentuk sedikit menyerupai mie yang tebal. Kuah satan yang digunakan memiliki rasa udang yang kental dan gurih,serta dengan berbagai campuran rempah-rempah di kuahnya, cocok untuk menambah semangat di pagi hari sebagai sarapan.

Jika anda menginap di hotel selama di Belitung, lakso ini akan menjadi salah satu menu yang selalu disajikan. Jika tidak, tenang saja, anda akan dapat menemukan banyak tempat makan Lakso sepanjang pantai seperti Pantai Tanjung Pendam.

Rasa : 7.5/10

Kisaran Harga untuk 1 orang : Rp 3.000 – Rp 10.000

3. Sop Gangan

Sop Gangan ini merupakan makanan khas Belitung yang tidak mungkin kamu lewatkan selama kamu berwisata kuliner di Belitung. Sop ikan gangan ini adalah masakan istimewa dari Belitung. Masakan yang satu ini memiliki rasa rempah-rempah yang cukup kental, sedikit asam dan manis karena paduan bumbu yang kaya akan kunyit, nanas dan pedas cabai serta paduan bawang putih, bawang merah, kunyit, sereh , kemiri dan lengkuas. Sekali seruput kuah kuningnya, terasa sekali segarnya ikan dan gurih bumbu asamnya.

Tidak ada jenis ikan khusus yang dipakai untuk dijadikan menu gangan, tetapi jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan ketarap, ikan ilak, dan ikan baronang. Segarnya daging ikan yang disajikan, ditambah segarnya kuah kuning pasti membuat wisata kulinermu semakin menyenangkan. Di seluruh pulau Belitung, anda akan menemukan banyak sekali rumah makan yang menyediakan gangan.

Baca Juga:   Wisata ke Forest Adventure Singapura

Namun, tempat yang biasa dikunjungi wisatawan untuk makan gangan adalah di sekitar Pantai Tanjung Tinggi. Kamu akan menemukan banyak warung dengan ikan fresh dengan saung-saung makan menghadap ke pantai. Seru banget kan? Saran kami untuk makan di sekitar Pantai Tanjung Tinggi adalah untuk menanyakan terlebih dahulu harga makanan dan berapa kilo ikan yang disediakan jika tidak tertera di menu. Jika harga yang diberikan jauh sekali diatas harga yang kami rekomendasikan, mungkin ada baiknya kamu pindah tempat makan yang lain yang tersebar di sekitar pantai.

Tetapi untuk rasa, jangan khawatir, sop gangan di sini memang juaranya makanan khas Belitung!

Rasa : 9/10

Kisaran Harga untuk 1 Kg : Rp 120.000 – Rp 150.000

4. Kopi Ake Belitung

Seperti mie belitung Atep, warung kopi yang satu ini juga sangat terkenal di Tanjung Pandan dan termasuk tujuan wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan di Belitung. Terletak dalam sebuah gang yang dikenal dengan kawasan Kafe Senang dan terlihat sederhana, warung ini akan menjadi destinasi favorit pecinta kopi. Kamu bisa memilih tempat duduk di dalam ataupun menikmati semilir angin di luar sambil menyeruput kopi.

Tempat ini masih memakai menggunakan model ceret yang lama yang merupakan warisan turun temurun, sebuah suasana yang tidak mudah kamu temukan di tempat lain dan juga merupakan salah satu rahasia kenikmatan kopi di sini. Beberapa menu yang sering di pesan di warung kopi ini antara lain seperti kopi hitam, teh susu, maupun telor setengah matang yang dimakan dengan kecap asin dan lada.

Suasana khas yang tentunya membuat kamu merasa lebih rileks dan merangkum tujuan kamu berlibur yang sesungguhnya: menikmati suasana semilir angin laut sambil menghirup aroma kopi yang nikmat di pulau tropis Belitung. Apa lagi yang harus kamu cari?

Baca Juga:   Wisata dan Liburan Ke Patan Nepal

Rasa : 8.5/10

Kisaran Harga untuk 1 orang : Rp 6.000 – Rp 15.000

5. Dynasti

Rumah makan chinese ini sangat terkenal di Belitung karena sering dijadikan tempat resepsi pernikahan serta makanannya yang sangat lezat pastinya. Berlokasi di Jalan Sutomo, restoran Dynasti ini memiliki gedung dan parkiran yang luas sehingga sering dikunjungi rombongan wisatawan bahkan menggunakan bus. Bumbu yang digunakan sangat lezat dan apapun dipesan memiliki rasa yang cukup ngangenin, tetapi seafood tetap menjadi andalan yang sering dipesan orang yang berkunjung ke sini.

Mulai dari aneka makanan khas Belitung berbahan dasar kepiting seperti kepiting saos padang dan kepiting isi, bakso ikan, asam manis, hingga berbagai seafood goreng tepung. Selain itu, karena porsi makanannya yang cukup besar, kamu bisa dateng ke sini beramai-ramai dengan keluarga ataupun teman liburanmu. Apalagi dinner sekeluarga di sini, bakal cocok banget suasananya!

Rasa : 9/10

Kisaran Harga untuk 1 orang : Rp 50.000 – Rp 85.000

Pecinta Kuliner Belitung, itu dia beberapa rekomendasi dan info tempat makan enak di Pulau Belitung dari kami. Selain keindahan alam yang susah untuk dilupakan, berbagai makanan laut yang masih segarpun akan menemani liburan kamu di Belitung. Taukah kamu kalau banyak mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatanmu? Kalau belum tau, coba buka berbagai tips wisata kuliner sehat yang harus kamu ingat agar tubuhmu tetap sehat selama liburan.

Yang mana nih tempat makan khas Belitung yang paling enak menurutmu? Coba share di komentar ya!

Happy Tummy!